Wednesday, November 22, 2017

Menjadi Model Catwalk Pria

Banyak wanita dan pria ingin menjadi seorang model. Hal pertama yang kamu harus lakukan untuk bisa menjadi model profesional adalah belajar berjalan diatas catwalk. Ini adalah aspek yang paling penting dan dasar untuk menjadi seorang model profesional

Apa Itu Model Catwalk?
Model Catwalk adalah seorang model yang bertugas memperagakan produk busana hasil rancangan desainer di atas panggung peragaan (catwalk). Atau dengan kata lain seseorang yang dipekerjakan untuk tujuan menampilkan dan mempromosikan pakaian mode atau produk lainnya dan untuk tujuan iklan atau promosi atau yang berpose untuk karya seni.

Sebelum kamu berlenggak-lenggok memperagakan suatu busana atau aksesori karya perancang, tidak ada salahnya kamu membaca teknik dasar model catwalk agar kamu bisa memahami dan mempraktekkan serta kamu akan terampil saat di atas panggung.
Sedikit pemberitahuan aja ni guys....

Saat ini panggung kebanyakan berbentuk I-Catwalk. Sedangkan T-Catwalk sudah jarang digunakan. Dan untuk alasan kepraktisan, saat ini banyak juga panggung yang hanya terdiri dari catwalk tanpa panggung utama (main stage).

Sikap Berdiri Untuk Model Laki-Laki
Untuk laki-Iaki, berdiri dengan sikap kaki terbuka selebar bahu. Posisi lengan jangan menekuk, arahkan  pandangan lurus ke depan namun posisi kepala jangan kaku kamu bisa menoleh ke kiri atau ke kanan bila diperlukan, dada agak dibusungkan agar terlihat tegap dan bisa saja tahan otot perut.

Teknik Berjalan
Berjalan dengan langkah kaki melebar untuk memberikan kesan gagah. Melangkahlah seolah membentuk garis rel imajiner dengan tetap menjaga keseimbangan. Sesuaikan langkah kaki dengan irama musik, posisi tumit menapak ke lantai terlebuh dahulu.

Teknik Berputar
Mulailah langkah awalmu dengan kaki kanan. Saat harus berputar sesuai arahan koreografer saat latihan, berputarlah searah jarum jam dan ketika berputar, usahakan putaran tubuh dan pandangan mata berlawanan dengan arah putaran. Berputarlah secara berlahan, agar keseimbangan tubuh tetap terjaga dan terlihat lebih rapi dan pasti.

Teknik Berekspresi
Setiap busana yang dirancang memiliki tema tersendiri dan ditujukan untuk kesempatan tertentu. Karena itu cara membawakannya juga harus disesuaikan, apakah untuk gaya santai, formal, ataupun pesta.

Bloking Panggung
Saat fashion show yang bertanggung jawab soal blocking atau penguasaan panggung adalah koreografer. Namun terkadang pada fashion show skala kecil, tidak ada koreografer sehingga mau tidak mau, model-Iah yang harus berperan aktif menghidupkan panggung dan bertanggung jawab atas blocking panggung agar show berjalan rapi dan bisa dinikmati penonton.Titik pandang penonton adalah tengah panggung, karena itu hindari penumpukan model di satu tempat. Atur urutan berjalan dan ritmenya.

Biasanya koreografer sudah memberikan arahan bagaimana cara berjalan dan menampilkan eksepresi wajah yang sesuai dengan tema busana yang akan di peragakan.

No comments:

Post a Comment